Wednesday, April 18, 2007

Sistem Pendidikan di Malaysia



Gambaran Ikhtisar

Pendidikan adalah tanggung jawab pemerintah federal. Sistem pendidikan nasional meliputi pendidikan dari tahap pra-sekolah sampai ke tahap universitas. Pendidikan pra- tersier (yakni dari pra-sekolah sampai pendidikan menengah) adalah di bawah jurikdisi Kementerian Pendidikan Malaysia sedangkan pendidikan tersier adalah tanggungjawab Kementerian Pendidikan Tinggi Malaysia. Visi pemerintah adalah menjadikan Malaysia sebagai pusat pendidikan yang berkualitas.

Pendidikan Dasar dan Menengah

Pendidikan dasar (selama 6 tahun) dan pendidikan menengah (selama 5 tahun yang terdiri dari 3 tahun menengah rendah dan 2 tahun menengah atas) adalah bebas biaya. Umur untuk masuk ke tahun pertama pendidikan dasar adalah tujuh tahun. Pendidikan dasar diwajibkan untuk semua kanak-kanak yang berumur di antara 7 sampai 12 tahun. Para pelajar diwajibkan mengikuti ujian negara di tahun terakhir pendidikan dasar, menengah rendah dan menengah tinggi.

Pendidikan Setelah Pendidikan Menengah

Setelah menyelesaikan pendidikan menengah, para pelajar boleh memilih untuk melanjutkan pendidikan setelah pendidikan menengah selama satu atau dua tahun, yakni kursus persiapan memasuki universitas.

Pendidikan Tersier

Di tingkat pendidikan tersier, lembaga-lembaga pendidikan tinggi, baik yang dikelola pemerintah maupun swasta, menawarkan program-program sertifikat, diploma, sarjana dan pascasarjana (di bidang akademik dan Profesional). Lembaga Pendidikan Tersier terdiri dari:

>> Lembaga Pendidikan Tinggi Negeri (diselenggarakan oleh pemerintah), seperti universitas negeri, perguruan tinggi negeri, sekolah tinggi negeri, politeknik dan lembaga pelatihan guru.

>> Lembaga Pendidikan Tinggi Swasta (diselenggarakan oleh swasta), seperti universitas swasta, perguruan tinggi swasta, sekolah tinggi swasta dan cabang universitas luar negeri.